Menuntut ilmu agama merupakan bagian dari ibadah, dimana setiap muslim diperintahkan untuk mempelajari dan menjalankannya, serta masing-masing sesuai dengan kemampuan yang Allah berikan padanya.

Melalui Studi Islam Generasi Ulul Albaab 1 atau yang lebih dikenal dengan SIGNAL 1, mahasiswa Teknik Fisika ITS angkatan 2016 belajar mengenai ilmu agama. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari terhitung sejak hari Sabtu, 11 Februari 2017 dan berakhir pada Minggu, 12 Februari 2016 ini diikuti oleh 169 peserta. Meskipun hanya berlangsung 2 hari, para peserta diharapkan mampu menyerap ilmu-ilmu yang diberikan, serta mengamalkannya untuk menjadikan diri pribadi yang lebih baik lagi.

Dalam kegiatan SIGNAL 1 ini, ada banyak materi yang diberikan kepada peserta. Antara lain, materi Metamorfosis Pemuda Muslim dari Zaman ke Zaman; Ustadz, Islam yang Kupahami Berbeda Dengannya, Apa yang Harus Aku Lakukan?; materi kemuslimahan; dan yang terakhir adalah materi dengan judul Ustadz, Bolehkah Aku Menyimpan Lentera Itu Sendiri?. Selain materi, pada SIGNAL 1 2017 ini juga ada Forum Group Discussion bersama dengan para mentor. Grup diskusi ini mendiskusikan tentang tokoh-tokoh Islam.

Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan registrasi peserta, dimana registrasi untuk peserta putra dan putri dipisah. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh panitia dan dilanjutkan dengan materi Metamorfosis Pemuda Muslim dari Zaman ke Zaman. Setelah materi usai, dibentuk kelompok-kelompok kecil atau Forum Group Discussion, dimana di setiap kelompok tersebut berdiskusi bersama dengan mentor mengenai tokoh-tokoh Islam yang kemudian menjelaskan hasil diskusi ke semua peserta SIGNAL 1. Dalam diskusi ini, putra dan putri ditempatkan di tempat yang terpisah. Kegiatan yang selanjutnya adalah latihan memanah. Panitia SIGNAL 1 secara langsung mendatangkan Tim Archery ITS untuk membimbing peserta SIGNAL 1 latihan memanah. Setelah itu para peserta diarahkan ke masjid untuk melakukan sholat maghrib berjamaah. Usai solat berjamaah, peserta putra melakukan mabit di Teknik Fisika ITS. Dalam mabit ini, mereka mendapatkan materi Ustadz, Islam yang Kupahami Berbeda Dengannya, Apa yang Harus Aku Lakukan?.

Keesokan paginya, peserta putri diberikan materi tentang kemuslimahan. Usai materi kemuslimahan, peserta putra dan putri digabung untuk meelanjutkan materi terakhir, yaitu Ustadz, Bolehkah Aku Menyimpan Lentera Itu Sendiri?. Setelah materi terakhir, dilakukan simulasi total, yaitu bermain peran mengenai materi yang telah didapatkan. Selanjutnya kegiatan ditutup dengan awarding Man of the Day. (din/dio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *