Dalam rangka mempersiapkan pembentukan ormawa baru di Fakultas Vokasi, mahasiswa D3 Teknik Instrumentasi 2015 mengikuti Pelatihan Organisasi D3 Teknik Instrumentasi yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika ITS selama 2 hari sejak Selasa lalu (28/02).

Hari pertama diawali oleh sambutan dari Zamir Al Fajari selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika ITS, kemudian dilanjutkan oleh materi pertama yaitu Fundamental Organisasi yang dibawakan oleh Zaid Mahdi. Materi ini menekankan peserta untuk memperhatikan dasar dari sebuah organisasi yang meliputi tujuan organisasi, visi-misi, dan aturan-aturan dasar yang melandasi organisasi tersebut. Setelah ishoma, peserta sangat antusias dan aktif kepada sang pemateri, Bageur Al Ikhsan, pada saat materi KMO (Klasifikasi Masalah Organisasi) + TPD (Teknik Pengumpulan Data).


Pada hari berikutnya, semangat peserta belum turun, setelah aktivitas perkuliahan peserta kembali mengikuti serangkaian acara pelatihan. Hari kedua diawali oleh materi Administrasi Umum yang dibawakan oleh Sekretaris I dan Bendahara HMTF 2016/2017, Intan dan Fatma. Kemudian dilanjutkan oleh materi AKO (Analisa Kondisi Organisai) + RPO (Rencana Pengembangan Organisasi) dengan pemateri Suto Guswanda.

Berbeda dari pelatihan biasanya, pelatihan ini terdapat sesi Sharing Ormawa. Dimana sesi ini diisi oleh 3 pembicara yang berpengalaman di bidang organisasi mahasiswa, diantaranya: Rofi Arga (Presiden BEM ITS 2016/2017), Lely Presti A. (Ketua HIMADATA ITS 2016/2017), dan Bories Yudo Satrio (DPM ITS). Sesi sharing ini banyak membahas tentang kedudukan dan ranah ormawa-ormawa di KM ITS, program kerja dan agenda organisasi, serta kendala yang akan dihadapi dalam menjalani ormawa. Akhirnya, acara ditutup oleh sepatah kata dari Ketua HMTF ITS 2016/2017, ungkapan pesan-kesan dari peserta, dan foto bersama.

“Saya berterima kasih kepada seluruh pengurus HMTF ITS 2016/2017 yang telah mengadakan acara pelatihan untuk mahasiswa D3 Teknik Instrumentasi 2015 ini, semoga dengan diadakannya pelatihan ini, kita dapat menerapkan ilmunya saat pembentukan ormawa baru nanti,” ujar Dila, salah satu peserta Pelatihan D3 Teknik Instrumentasi. (tri/dio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *