Surabaya – Hadir untuk meramaikan serangkaian event tahunan Engineering Physics Week 2017 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika ITS, kesepuluh laboratorium Teknik Fisika ITS pamerkan karya-karya untuk menarik minat dan antusiasme pengunjung dalam sub event Lab Exhibition di Gedung Robotika ITS yang dibuka sejak Sabtu (4/2).

Lab Exhibition hadir untuk mengenalkan Teknik Fisika ITS kepada para peserta EPW dan pengunjung melalui pameran karya laboratorium-laboratorium yang ada di Teknik Fisika ITS. Karya yang beragam pun  dipamerkan oleh laboratorium-laboratorium dan selalu menarik antusias pengunjung dari tahun ke tahun. Salah satu asisten Laboratorium Rekayasa Fotonika, Iman mengungkapkan, “Pada tahun ini Laboratorium Rekayasa Fotonika memamerkan empat karya, yaitu laser show, pepper’s ghost, infinite tunnel, dan hollow face illusion doll,” ujarnya.

Laboratorium-laboratorium yang ikut serta dalam Lab Exhibition adalah kesepuluh laboratorium di Teknik Fisika ITS, diantaranya Laboratorium Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol, Laboratorium Vibrasi dan Akustik, Laboratorium Rekayasa Energi, Laboratorium Rekayasa Bahan, Laboratorium Rekayasa Fotonika, Laboratorium Pengukuran Fisis, Laboratorium Simulasi dan Komputasi, Workshop Instrumentasi, Laboratorium Mikroprosesor dan Mikrokontroler, serta Laboratorium Fisika Rekayasa.

Pada EPW 2017 kali ini ada beberapa wajah baru yang ikut serta dalam Lab Exhibition pada tahun ini, yaitu Laboratorium Mikroprosesor dan Mikrokontroler, dan Laboratorium Fisika Rekayasa. Kedua laboratorium tersebut bisa dibilang masih merupakan laboratorium yang baru pada tahun ini. “Sebenarnya kita juga berterima kasih terhadap EPW 2017 yang sudah menyertakan Laboratorium Mikroprosesor dan Mikrokontroler ke dalam pameran lab exhibiton karena lab exhibition ini juga termasuk salah satu ajang pengenalan dan pengaplikasian terhadap dunia mikroprosesor dan mikrokontroler ke kalangan siswa maupun mahasiswa. Harapan kedepannya, Lab Exhibition jangan hanya ada di acara pusat. Mungkin pada saat publikasi perlu diadakan walaupun skalanya kecil. Sehingga dapat benar-benar menjadi branding buat jurusan Teknik Fisika ITS,” ujar Kevin K.S, salah satu Asistan Laboratorium Mikroprosesor dan Mikrokontroler. Meskipun kali pertama mengikuti Lab Exhibition, Laboratorium Mikroprosesor dan Mikrokontroler langsung menyandang predikat laboratorium terfavorit berdasarkan vote pengunjung maupun peserta yang datang di EPW 2017.  (exs/ten/tri/sel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *