Engineering Physic Challenge (EPC) 2017 adalah salah satu sub event dalam Engineering Physic Week 2017 yang merupakan perlombaan mata pelajaran fisika, diperuntukkan untuk siswa SMA tingkat nasional. EPC 2017 dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2017 di 18 rayon di seluruh Indonesia dan diikuti oleh 2219 tim. “Dari tahap penyisihan ini akan diambil 115 tim yang akan melanjutkan tahap selanjutnya di ITS Surabaya” Ujar Bintang, Ketua pelaksana EPC.

Quarterfinal dilaksanakan bersamaan dengan puncak Engineering Physic Week 2017 pada tanggal 4 dan 5 Februari 2017. Pada tahap ini, peserta dituntut mengerjakan soal soal fisika. “115 tim yang lolos penyisihan rayon akan bersaing lagi untu diperoleh 15 tim yang akan mengikuti rally game di semifinal” Ujar Bintang. Peserta yang lolos ke tahap semifinal melanjutkan pertandingan untuk mendapatkan golden tiket pada hari itu juga. Tahap semifinal berupa rally games, dimana peserta dapat membeli soal dari stan yang telah disediakan sesuai dengan keinginan mereka. “5 tim terbaik akan bersaing di final EPC esok” kata Bintang

Pada tahap final, 5 Februari 2017 finalis dihadapkan dengan 4 tantangan, yaitu praktikum, problem solving, lomba cepat tepat, dan gambling. Pada tahap praktikum, finalis akan dihadapkan dengan praktikum fisika pada masing masing Laboratorim bidang minat di Teknik Fisika ITS, yaitu Laboratorium Vibrastic, Laboratorium Rekayasa Fotonik, Laboratorium Rekayasa Bahan, Laboratorium Rekayasa Energi dan Pengkodisian Lingkungan, dan Laboratorium Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol. Alfiyandi, salah satu finalis mengaku senang dengan tahapan ini “Beberapa praktikum sudah pernah dilakukan disekolah, tapi ada juga beberapa yang belum pernah” kata siswa dari SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta. Selanjutnya peserta menjalani tahap problem solving, dimana masing-masing finalis akan dihadapkan dengan sebuah permasalahan fisika yang berhubungan dengan bidang minat di Teknik Fisika ITS.

Setelah final usai, para finalis mengikuti acara Talk Show “EPW on Talk”, sembari menunggu pengumuman juara. Usai Talk Show, tibalah pada saat pengumuman juara. Juara 1 berhasil digondol oleh SMAN 1 Mataram, diikuti oleh SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta, SMAN 1 Bogor, SMAN 2 Lumajang, dan SMAN 61 Jakarta. “Ini pertama kalinya saya mengikuti lomba yang diadakan oleh ITS, awalnya saya coba ikut karena tertarik oleh golden ticketnya” tutur Alfiyandi. (zan/dio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *