Sebagai seorang mahasiswa, pengetahuan mengenai tingkatan organisasi mahasiswa merupakan suatu hal yang penting. Karena akan sangat lucu jika seorang mahasiswa tidak tahu organisasi mahasiswa atau sering disebut ormawa yang ada di kampusnya. Untuk itulah, HMTF ITS mengadakan Seminar Konstitusi untuk mengenalkan ormawa yang ada di ITS. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 18 Februari 2017 ini diikuti oleh semua mahasiswa baru Teknik Fisika ITS. Selain untuk mengenalkan ormawa yang ada di ITS, Seminar Konstitusi juga menyinggung restrukturisasi fakultas. Dimana ITS akan melebur 27 jurusan dengan menambah jurusan-jurusan baru serta membentuk 9 fakultas dari 5 fakultas yang telah ada.

Kegiatan Seminar Konstitusi diawali dengan sambutan Ketua Departemen Internal HMTF ITS, Ariel Faishal Lingga Putra, dilanjutkan dengan sambutan Ketua HMTF ITS, ZamirAlfajari. Memasuki materi pertama yaitu BEM ITS dan DPM ITS yang disampaikan oleh Rofi Arga, selaku Presiden BEM ITS. Materi ke-dua yaitu BEM FTI ITS yang dibawakan oleh Ketua BEM FTI,  Gerry Prasetyo. Kemudian dilanjutkan dengan materi HMTF dan DPA oleh Intan Luruh Larasati, dan ditutup dengan materi AD ART dan PPSDM HMTF ITS.

Ditemui usai kegiatan, Adam Kovka, salah satu peserta  Seminar Konstitusi mengungkapkan bahwa Seminar Konstitusi memberikan info-info yang berguna mengenai KM ITS. “Seminar Konstirusi kemarin sangat bagus karena pembicaranya petinggi-petinggi KM ITS. Dengan adanya Seminar Konstirusi, kami angkatan 2016 jadi paham AD/ART itu apa, isinya apa saja. Selain itu kami juga tau tentang ormawa di KM ITS.”

Usai kegiatan ini, mahasiswa baru 2016 diharapkan mampu memahami dan mengerti tentang struktural ormawa-ormawa di ITS dan mempunyai kesadaran untuk melanjutkan perjuangan kakak-kakak mereka yang memiliki kesempatan lebih dulu untuk mengenal dan mengabdi di ormawa-ormawa yang ada di ITS. (din/dio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *